Tuesday, May 12, 2015

Couchsurfing = Numpang Tidur

https://www.couchsurfing.com/
Couchsurfing adalah gampangne bisa dibilang konsep saling menginapi sesama pelancong.
(couch=sofa, idenya kita kasih orang tinggal di sofa kita)
Seperti Facebook, kita harus buat profile di website mereka, terus kita bisa minta tolong nginap sesama anggota, kita bisa juga memberi inapan sesama anggota, semuanya tanpa biaya.

Bagi orang normal mungkin agak asing, tapi anggota couchsurfing sudah jutaan di seluruh dunia.

Aku udah sering pake couchsurfing ini untuk cari tempat tinggal waktu jalan2 ke luar negri, ke Mexico, Honduras, Ecuador, Colombia, Swiss, Poland, Hungary, Czech, Slovakia, US bahkan di Ethiopia.

Judulnya, nggak cuman pengin ngirit biaya hotel, tapi pengin tau/liat secara deket kehidupan orang lokal n pengin buat temen orang lokal. Bukan hanya cari tempat inapan, tapi juga bisa cari temen tuk jalan2 bareng, ngopi, dll.

Bahaya? Nggak juga, karena kita bisa liat review orang2 yang pernah nginep atau kenal ma anggota yang mo kita inapin.

Beberapa kisahku waktu Couchsurfing yang aku ingat:

- Waktu di Ethiopia, anak lokal berbaek hati yang mau nginepi aku ma temen cewekku, membawa kita ke kamar kos2an dia.  Kita kaget kamar kos2an dia gak gede, tidur dia di tikar di atas lantai, tanah tak berubin. Langsung sambil minta maaf, aku ma temenku bilang kalo kita mo pesen hotel deh. Dianya OK2 aja, tetep baek2 ma kita, nganterin jalan2 keliling kota.

- Di Honduras, di kota San Pedro Sula, terkenal kalo bahaya, banyak gangster narkotik. Untungnya aku bisa dapet tempat tinggal lewat Couchsurfing. Temen baruku baek banget, sampe njemput di stasiun n bawa ku keliling2 kota.

No comments:

Post a Comment